Meski sudah memiliki asuransi premi murah untuk jaminan kesehatan, Anda tetap harus menjaga kondisi tubuh dan mental dengan gaya hidup yang baik. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah mengonsumsi teh. Uniknya, bahan baku teh yang bisa Anda seduh bukan hanya berasal dari daun teh, melainkan juga edible flower seperti bunga telang.

Khasiat bunga telang untuk kesehatan

Bunga telang dikenal juga sebagai butterfly blue pea merupakan bunga yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Disitat dari Majesticherbs.com, bunga berwarna biru ini memiliki kandungan berkhasiat seperti antioksidan, peptida, hingga flavonoid. Berkat kandungan tersebut, bunga telang sering digunakan sebagai bahan utama produk kecantikan hingga minuman seperti teh.

Adapun khasiat bunga telang untuk kesehatan Anda seperti:

  • Mengatasi penyakit mata. Gangguan seperti penglihatan yang mengabur, mata lelah, glaukoma, sampai kerusakan retina rentan terjadi akibat usia dan faktor lain. Risiko-risiko ini bisa ditekan dengan konsumsi bunga telang, sebab proantosianidin dalam bunga ini dapat menjaga kesehatan mata dengan meningkatkan aliran darah ke kapiler mata;
  • Memperlambat tanda penuaan. Meski tak berbahaya, tanpa penuaan yang muncul sebelum usia Anda menginjak kepala tiga kadang dapat menurunkan kepercayan diri. Namun, bunga telang dapat memperlambat kemunculan tanda penuaan dengan meningkatkan jumlah kolagen serta sistesis elastin dari antioksidan di dalamnya;
  • Meredakan gangguan pernapasan. Apa Anda termasuk orang yang mudah mengalami gangguan pernapasan seperti pilek, batuk, sampai asma? Meminum teh bunga telah secara teratut dipercaya dapat meredakan masalah tersebut, karena terdapat sifat antiasmatik dan antiekspektoran untuk mengurangi iritasi di bagian pernapasan.

Mengeringkan bunga telang untuk dibuat teh

Ada dua metode pengeringan yang bisa dipilih, yakni dengan oven dan sinar matahari. Metode pengeringan dengan oven relatif mudah, yakni dengan cuci bunga telang segar yang dipetik saat mekar, lalu tiriskan. Kemudian, panggang dalam oven bersuhu 50oC selama dua jam.

Sementara pengeringan dengan sinar matahari harus dilakukan secara hati-hato. Setelah dicuci, bunga telang dihamparkan di kertas putih dan dijemur dari pukul 8 pagi sampai 12 siang. Lakukan hal yang sama keesokan harinya sampai kering. Pastikan juga bunga telang yang ditaruh tak saling tindih karena berpotensi memicu pertumbuhan jamur.

Bunga telang kering harus disimpan dalam wadah dengan silica gel untuk mencegahnya layu atau terkena lembap. Sementara buat menyeduhnya, masukkan 10-20 helai bunga telang dalam gelas dan tuangkan air hangat sebanyak 250 ml. Tunggu sampai warnanya berubah kebiruan. Anda bisa tambahkan kayu manis mengingat rasa teh ini cenderung hambar.

Demikian manfaat dan cara praktis menyeduh teh bunga telang. Semoga Anda dapat merasakan manfaat-manfaat yang diharapkan dari mengonsumsi minuman sehat tersebut!

 

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *